SELAMAT DATANG DI NEGERI CODOT, NEGERINYA ACHOUNK EL- ANSHORY

SELAMAT DATANG DI NEGERI CODOT, NEGERINYA ACHOUNK EL- ANSHORY

Jumat, 17 Juni 2011

Harga Diri ataukah Diri yang Berharga (part.1)

PENGHARGAAN TERHADAP diri sendiri merupakan cara hidup , berpikir , merasa dan bertindak yang kita terima , yakini dan percayai dalam diri sendiri . Ketika menerima diri sendiri , kita bisa hidup dengan nyaman bersama kelemahan dan kekuatan pribadi kita , tanpa melontarkan kecaman yang tidak perlu kepada diri sendiri .

Saat kita menghormati diri sendiri , kita menerima martabat dan nilai yang dimiliki sebagai sebuah keunikan . Kita memperlakukan diri sendiri dengan baik , sama seperti kita memperlakukan orang yang kita hormati .

Percaya kepada diri sendiri adalah kondisi dimana hasrat , keyakinan , perilaku dan perasaan kita cukup konsisten untuk menghadirkan keberlangsungan dan keterkaitan diri, meski ada perubahan dan tantangan di sekeliling kita . Mempercayai diri sendiri berarti merasa bahwa kita layak untuk sukses , dan berdasarkan keahlian yang telah ditunjukan dan sumber daya yang dimiliki saat ini , KITA memiliki keyakinan untuk memenuhi tujuan , aspirasi , dan kebutuhan pribadi terdalam kita .

Kebenaran mendasar mengenai harga diri adalah bahwa perasaan itu harus muncul dari dalam diri . Sewaktu harga diri merosot , kita akan merasakan kehampaan dan berusaha mengisinya dengan sesuatu atau seseorang yang bisa memberikan kepuasan atau pemenuhan sesaat. Saat tindakan ini memicu depresi dan bersifat repetitif atatu otomatis , kita pun menjadi kecanduan . Biasanya , tindakan ini dilakukan sebagai pengganti atas hubungan yang sehat , perasaan mengendalikan atau memiliki rasa percaya diri dan kekuatan yang lebih tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar