SELAMAT DATANG DI NEGERI CODOT, NEGERINYA ACHOUNK EL- ANSHORY

SELAMAT DATANG DI NEGERI CODOT, NEGERINYA ACHOUNK EL- ANSHORY

Selasa, 28 Juni 2011

PROPOSAL HIDUP..!!???

Pengunjung NEGERI CODOT yang dimulyakan Allah, mengapa di dunia ini ada orang yang sukses dan ada orang yang tidak sukses dalam hidupnya? Seorang motivator mengatakan, kuncinya adalah apakah orang tersebut memiliki proposal hidup ataukah tidak. Kenapa kok proposal hidup?
Filosofinya sederhana: setiap pekerjaan akan berhasil baik jika direncanakan dengan baik dan sebaliknya, jika sebuah pekerjaan tidak direncanakan dengan baik maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu pada setiap penelitian, baik itu skripsi, tesis, desertasi dan berbagai penelitian kompetitif, selalu aspek kekuatan proposal menjadi pertimbangan utama dalam penilaian layak atau tidaknya penelitian itu untuk diloloskan atau dilanjutkan. Demikian pula halnya untuk berbagai kegiatan atau kepanitian, keberadaan proposal sangat dibutuhkan agar seluruh anggota tim dapat bekerja dengan baik dan seirama mencapai tujuan yang ditetapkan.
Apalagi untuk urusan yang menyangkit hidup kita, maka sudah sepatutnya dibutuhkan sebuah Proposal. Apa yang menjadi tujuan-tujuan hidup kita, langkah-langkah apa saja yang harus dipilih untuk mencapai tujuan-tujuan hidup tersebut mestinya secara jelas tergambar dalam Proposal Hidup kita. Diri kita ini mau dibawa kemana mestinya harus sesuai dengan Proposal Hidup kita.
Mengingat kehidupan kita yang hanya sebentar, maka sudah sewajarnya setiap detik waktu yang kita lewatkan seharusnya memiliki makna dan manfaat. Terlebih lagi pada saatnya nanti, ketika kamatian itu datang, kita akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah. Alangkah berisikonya jika dalam kehidupan ini kita tidak memiliki Proposal Hidup. Kalau tujuan hidup kita ingin masuk surga, kalau kita ingin sukses dan kaya maka sudah semestinya dalam proposal tersebut kita tulis secara rinci upaya dan langkah untuk bisa mencapai tujuan tersebut dan selanjutnya kita berjalan dan hidup sesuai dengan apa yang telah kita tulis. Dengan demikian hidup kita tidak pernah kehilangan arah, kehilangan semangat, tidak asal jalan dan tidak mudah terpengaruh oleh ajakan dan bisikan yang tidak sesuai dengan Proposal Hidup kita. Insyaallah dengan cara tersebut kita akan bisa mewujudkan dan mencapai tujuan yang kita inginkan, hidup sukses dan mulia. 
Pertanyaan besarnya, APA PROPOSAL HIDUP ANDA? Apa tujuan hidup anda yang nantinya Allah akan sukacita membantu dan menyokong segala aspek kehidupan anda dengan sepenuhnya. Jika proposal hidup anda hanya sekedar menggapai hidup nyaman, maka proposal hidup anda tak lebih dan bahkan sama dengan hewaan piaraan. Percuma Allah mengaruniai kita kemampuan bicara, kemampuan menalar, kemampuan berpikir dan segala kemampuan milik manusia yang tak dimiliki hewan, jika cita-cita hidup kita hanya selevel hewan. Betapa rendahnya proposal hidup kita.
Namun jika kita mempersembahkan hidup ini benar-benar dalam rangka beribadah, membantu agama Allah (walau Allah sebenarnya tak butuh bantuan), mempersembahkan apa yang kita miliki dalam rangka menyempurnakan peribadatan kepada-Nya, maka Allah Maha Kaya untuk mencukupi segala kebutuhan hidup kita. Proposal hidup yang begitulah yang Allah kehendaki, yang pasti hidup kita tak akan sia-sia.
Ada ayat INTAN yang nilainya melebihi intan jika dipahami:
“Intanshurullaaha yanshurkum. Wa yutsabbit aqdaamakum..”
Jika kalian menolong Allah, maka Allah akan menolong kalian. Dan mengokohkan tumit-tumit kalian…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar